zakir’s blog

News Live Media

Kondisi Seputar Bayi Baru Lahir Yang Wajib Tahu

Bayi yang mendapatkan asupan ASI pada umumnya tidak mengalami masalah konstipasi karena ASI memiliki kadar laktosa yang tinggi yang dapat mencegah terjadinya konstipasi. Tapi untuk bayi baru lahir yang mendapatkan susu formula, konstipasi atau sembelit bisa dialami oleh bayi. Sedangkan pada bayi usia 6 bulan penyebab terjadinya konstipasi karena bayi mulai beradaptasi dengan makanan pertama yang dikonsumsinya.

Bu, jangan khawatir sebab, masalah konstipasi pada nama bayi bisa diatasi dengan memperbanyak cairan yang diasup, memberikan sayuran dan buah yang kaya serat. Tapi jika selama satu minggu bayi masih mengalami konstipasi sebaiknya kamu segera membawa bayi ke dokter

Bayi akan mengalami batuk dan pilek dalam satu tahun pertama kehidupannya. Hal ini disebabkan lingkungan sekitar bayi banyak virus yang bisa menyebabkan batuk dan pilek. Sedangkan tubuh bayi belum bisa secara maksimal melawan virus tesebut  karena sistem kekebalan tubuh bayi masih berkembang.

Apalagi untuk bayi yang sedang dalam tahap mengeksplorasi segala sesuatu dengan tangan dan mulutnya yang bisa menyebabkan kuman masuk ke dalam tubuhnya. Untuk mengatasi batuk dan pilek pada bayi baru lahir bisa kamu bisa menjemur bayi di pagi hari dan terus memberikan asupan ASI.

Ruam popok sering menjadi masalah bagi bayi baru lahir. Ruam popok adalah kondiri iritasi yang terjadi pada bagian tubuh bayi yang tertutup popok, misal pada lipatan paha, bokong dan . Ruam popok bisa membuat bayi rewel karena merasa tidak nyaman dan menggangu aktivitas bayi.

Saran untuk ibu, gantilah popok sesering mungkin untuk tetap menjaga agar tetap bersih dan kering. Kamu bisa mengganti popok sebanyak 6-9 kali dalam sehari. Dan jangan menggunakan tisu basah atau pembersih apapun yang mengandung alkohol untuk membersihkan bagian tubuh bayi yang tertutup popok. Kulit bayi sangat sensitif sehingga penggunaan pembersih seperti tisu basah bisa menyebabkan iritasi kulit.  Untuk membersihkan, kamu cukup menyelupkan kapas bersih ke dalam air hangat . arti nama